Selasa, 23 Juni 2009

Tentang Aktuaris

Siapa itu aktuaris?
Aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan ilmu keuangan dan teori statistik untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bisnis aktual. Persoalan ini umumnya menyangkut analisa kejadian masa depan yang berdampak pada segi finansial, khususnya yang berhubungan dengan besar pembayaran di masa depan dan kapan pembayaran dilakukan pada waktu yang tidak pasti.

Secara umum, aktuaris bekerja di bidang : konsultasi, perusahaan asuransi jiwa, pensiun, dan investasi. Aktuaris juga sedang merambah di bidang-bidang lainnya, dimana kemampuan analitis diperlukan.

Profesi Aktuaris di Indonesia
Gelar aktuaris di Indonesia diberikan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) setelah seorang individu menempuh 10 mata ujian yang diujikan.

Pada umumnya aktuaris di Indonesia memiliki latar belakang pendidikan dari FMIPA Matematika maupun Statistika. Tetapi ada sedikit yang berasal dari disiplin lain.

Aktuaris di Indonesia banyak bekerja di perusahaan asuransi jiwa, sedangkan sisanya bekerja di dana pensiun, konsultan aktuaria, dan saat ini merambah ke dunia investasi.

5 komentar:

  1. Saya mulai tertarik dgn dunia ini, tetapi saya msh bingung tahapan2 untuk menjadi aktuaris, selain d UGM d ITB jg ada S2 ttg Aktuaria dan saya dapat info dari tmn klo d Bumiputra jg ada.. Permasalahannya, apakah Universitas2 dan Perusahaan kyk Bumiputra tsb di akui oleh PAI??

    Saya lulusan Matematika dari salah satu PTN d jakarta.

    Mohon jwbannya :)
    Trimakasih..
    Isra

    BalasHapus
  2. coba kmu baca artikel
    http://devni.blogspot.com/2009/11/semangat-menjadi-anggota-pai.html
    Universitas yg bekerjasama dengan PAI itu sejauh pengetahuan saya adalah...
    UGM
    ITB
    IPB
    ITS

    BalasHapus
  3. salam kenal mb dev,

    saya lulusan matematika. saya mulai tertarik dengan dunia aktuaria. blhkah saya minta soal2 ujian PAI mb dev?

    Thanks

    BalasHapus
  4. disini ada beberapa yang udah saya upload...
    kmu bisa download.
    atau fotokopi lansung ke sekretariat PAI.jakarta.

    http://www.4shared.com/get/151898219/6abd24fb/matak_0809_1_.html

    http://www.4shared.com/get/151898216/fa02396a/matak_07_1_.html

    BalasHapus
  5. halo mbak dev, saya marissa. anak matematika unpar, tertarik di bidang asuransi..rencananya ingin melanjutkan S2 aktuaria ke UGM...
    mbak dari UGM juga ya...?
    bole nanya ga, kisaran biaya kuliah di Magister Aktuaria UGM berapa?
    makasih...

    salam kenal
    marissa
    (rissa.ndita@yahoo.co.id

    BalasHapus

Harap tinggalkan nama dan email anda