Kamis, 10 Desember 2009

10 SEKURITAS DIPERIKSA BAPEPAM



Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) memeriksa sedikitnya 10 perusahaan sekuritas atau perusahaan efek (PE). Otoritas pasar modal juga tengah memantau kinerja sejumlah perusahaan sekuritas guna menghindari kemungkinan terjadinya kejahatan atau kecurangan (fraud) di pasar modal. Menurut Ketua Bapepam-LK (Fuad Rahmany), selain Optima Kharya Securities banyak yang sedang diperiksa oleh Bapepam-LK. Selain ditindaklanjuti Bapepam-LK, hasil pemeriksaan tersebut sudah diserahkan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI). Pemeriksaan tersebut merupakan inisiatif Bapepam-LK berdasarkan kecurigaan-kecurigaan terhadap perusahaan sekuritas yang secara khusus memiliki permasalahan keuangan. Beberapa di antaranya bukan karena mereka salah, mungkin laporan mereka ada yang tidak benar. Apabila dalam pemeriksaan ternyata tidak ada kesalahan maka tidak akan ditindaklanjuti.
Dari sejumlah perusahaan efek yang tengah diperiksa Bapepam-LK, hanya PT Optima Kharya Securities yang sudah mengarah kepada fraud sedangkan perusahaan efek lain yang juga tengah diperiksa Bapepam-LK belum terindikasi fraud.
Kepala Biro Transaksi Lembaga Efek Bapepam-LK(Nurhaida)mengungkapkan bahwa Bapepam-LK tengah memeriksa beberapa perusahaan efek. Selain pemeriksaan rutin, otoritas pasar modal memeriksa perusahaan efek terkait pengaduan nasabah. Namun Bapepam-LK belum dapat mengumumkan nama-nama perusahaan efek yang sedang menjalani pemeriksaan.
Sumber :InvestorDaily, Rabu 4 Nov 09


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap tinggalkan nama dan email anda